Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 10 Oktober 2014

Tugas Minggu 1 "TELEMATIKA"



TELEMATIKA


BAB I
Pendahuluan
A). LATAR BELAKANG
Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Pertama kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.
Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.
Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
·         Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
·         Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
·         Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

PERKEMBANGAN

Perkembangan Telematika saat ini di Indonesia sendiri masih tertinggal jauh dibandingkan dengan Negara-negara lain. Di Indonesia sendiri masih perlu pengenalan lebih dalam lagi dari Telematika itu sendiri dan  telematika masih perlu disosialisasikan lebih intensif kepada semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Pemberdayaan manusianya, baik itu aparatur Negara ataupun non-pemerintah, harus terus ditumbuhkembangkan.
Sehingga dapat membawa implikasi diberbagai bidang, serta kemudahan yang di suguhkan Dari telematika akan dapat meningkatkan kinerja usaha, menghemat waktu dan biaya, serta memperbaiki kualitas produk.

 TREND TELEMATIKA DI INDONESIA

Berbagai permasalahan telematika dan pengelolaannyaterutama hal-hal yang berpotensi menjadi kendala pembangunan,dirasakan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan duniatelematika Indonesia selama ini. Hal tersebut tercermin dengan masihadanya persoalan lama yang sampai sekarang belum berhasilmengangkat harkat teknologi informasi dan komunikasi, sepertitingginya harga akses Internet, belum meratanya penyebaran fasilitasTelematika, dan belum tersedianya beberapa perangkat regulasi.

B). RUMUSAN MASALAH
·         Bagaimana penerapan telematika pada kendaraan?
·         Kenapa harus di gunakan pada kendaraan masa kini?
·         Akankah telematika tech berarti premi asuransi mobil yang lebih rendah?
·         Bagaimana dengan perangkat keras?
·         Dapatkah apapun menghentikan telematika





 BAB II
Pembahasan



A). Penerapan telematika pada kendaraan

Dalam telinga kita kalau mendengar kata telematika maka kita akan teringat dua kata tele dan informatika di dalam wiki,Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, Mari kita penerapan teknologi telematika ini dalam hal kendaraan. Dalam kendaraan bagaimana teknologi telematika digital akan membuat kita hati-hati dalam mengendarai kendaraan. Kenapa teknolgi telematika yang sudah di terapkan dalam kendaraan kita akan lebih nyaman, Telematika adalah metode pemantauan kendaraan. Karena dengan menggabungkan sistem GPS dengan on-board diagnostik itu mungkin untuk merekam dan peta atau posisi mobil itu dan seberapa cepat kecepatan kendaran yang kita kendarai, dan disini kita akan dapatkan referensi bagaimana keadaan mobil kita . Kemudian tambahkan komunikasi melalui jaringan 3G dan telematika dapat digunakan untuk mengirim data dan komunikasi bolak-balik antara kendaraan dan sistem manajemen pusat.
Dengan teknologi ini informasi kendaraan kita sangat akurat seperti kota hitam (black box) pesawat terbang. Di dalam aplikasi tersebut menggunakan sensor di mobil dan jaringan nirkabel lintasan, dan ini sudah di gunakan oleh tim Formula selama bertahun-tahun untuk tahu persis di mana lawan berada di arena balap atau sirkuit. Pada aplikas telematika juga merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan fitur ‘mobil terhubung’ pada umumnya, yang meliputi cuaca lalu lintas, hidup dan info parkir di dashboard, aplikasi, suara diaktifkan fitur semua.
Kenapa aplikasi ini di gunakan. Kita semua tahu bagaimana tech ini dapat digunakan untuk memantau armada lengkap kendaraan dari berbagai hal misalnya perusahaan pengiriman barang untuk layanan darurat dan bahkan bisa di gunakan untuk melacak mobil curian. Ini sekarang aplikasi tersebut diintegrasikan ke dalam atau terhubung dengan mobil -sehingga kita tahu posisi kendaraan kita, dan aplikasi ini secara otomatis memberitahu dan mengirim data pada diagnostik mobil kita, dan ini juga bisa di gunakan pihak asuransi dalam menganalisa bila kendaraan tersebut di asuransikan.
Kenapa baru sekarang banyak di gunakan? Perubahn teknologi berubah cepat dan begitu juga dengan hukum. Di Eropa atau negara barat badan hukum telah memutuskan bahwa dari akhir 2012 premi asuransi mobil harus netral , sehingga pihak asuransi mobil harus mencari cara lain untuk menilai risiko. Apa cara yang lebih baik daripada menggunakan data yang akurat tentang bagaimana kita, sebagai individu benar ? Yang mengatakan, pendekatan, benar-benar terbuka transparan yang membawa telematika mungkin terlalu banyak lompatan untuk beberapa perusahaan asuransi,mereka akan bilang bayar karena kamu mengemudi.
Teknologi ini pada dasarnya memantau dan menilai perilaku mengemudi dari pengguna kendaraan melalui on-board teknologi yang memungkinkan kami untuk menyediakan tingkat yang jauh lebih akurat, dan pemahaman yang sangat spesifik risiko, asuransi mobil Coverbox ini yang juga menawarkan pelacakan pencurian gratis. Telematika ini juga bisa mengubah perilaku baik pad sopir atau driver dapat dihargai. Semakin rinci informasi yang dikumpulkan, semakin dekat industri asuransi bisa secara akurat apportioning menyalahkan driver tertentu yang terlibat dalam kecelakaan.


B). Telematika tech berarti premi asuransi mobil yang lebih rendah

Jika Anda seorang pengemudi yang baik, hampir pasti. Model pembayaran yang digunakan oleh asuransi mobil tiba-tiba akan menjadi ‘de-averaged’, dengan model baru berbasis – secara teori – murni pada tingkat pada gaya mengemudi dan lokasi daripada gaya hidup dan alamat rumah. Singkatnya, itu lebih adil. Seperti klaim asuransi baik dan dikurangi untuk driver yang mengambil risiko kurang, sistem tersebut juga dapat memberikan umpan balik mengenai kinerja pengemudi, yang berarti lebih sedikit crash dan insiden, dan klaim asuransi karena lebih sedikit. Ini juga mungkin untuk menyesuaikan umpan balik untuk memaksimalkan penghematan bahan bakar.

C). Bagaimana perilaku pengemudi yang berbeda yang dapat dibandingkan

 Beberapa perusahaan asuransi yang menggunakan data yang dikumpulkan menggunakan telematika untuk membandingkan dengan sopir canggih. Satu asuransi telematika spesialis, MyDrive, membandingkan kedua-demi detik datanya driver untuk armada Royal Society untuk Pencegahan Kecelakaan (RoSPA)-kualifikasi driver canggih. Teorinya adalah bahwa ini memberikan patokan, kuat kredibel dan obyektif, dan semakin dekat Anda dapatkan, semakin rendah premi.
D). Bagaimana dengan perangkat keras

Aplikasi ini dapat berjalan di smartphone, dan meskipun orang-orang seperti di Mercedes-Benz memiliki beberapa fitur berguna. MyDrive menyediakan sebuah aplikasi untuk Autoline untuk pembalap muda di Irlandia Utara.
“Aplikasi ini diaktifkan setiap kali smartphone dicolokkan ke sumber listrik kendaraan dan akan mulai merekam data pada kedua oleh dasar kedua setelah pengemudi perjalanan di lebih dari 10mph selama lebih dari 10 detik,”kata Linden Holliday, CEO di MyDrive Solusi .

Aplikasi ini juga mencatat data tentang gaya individu mengemudi, termasuk tingkat pengemudi agresi, antisipasi kelancaran, dan konsistensi, yang memenuhi syarat dengan informasi tentang jenis jalan – jalan tol, A-road, dll – dan kondisi mengemudi (hujan lebat, congestions) .
Beberapa percaya bahwa ‘telematika’ kata akan keluar dari nikmat seperti itu terkait dengan teknologi yang lebih tua – cloud computing dan aplikasi smartphone.

E). Dapatkah apapun menghentikan telematika

Meskipun hal-hal yang berubah cepat, ada rem pada kemajuan yang bisa memperlambat segalanya, sistem proprietary mendominasi, dan tidak dapat mengintegrasikan dengan eachother. Mengharapkan platform terbuka scalable untuk mengikuti sekali smartphone dan tablet menjadi cara yang dominan untuk berinteraksi dengan telematika. Perangkat lunak global kemungkinan akan menurunkan harga juga.
Perkembangan aplikasi telematika ini sangat cepat, Menurut ABI Research itu di Inggris dan Italia bahwa pihah asuransi akan tercepat untuk mengadopsi teknologi ini.


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Perkembangan TI dan Internet ini, juga telah sangat mempengaruhi hampirsemua bisnis di dunia untuk terlibat dalam implementasi dan menerapkan berbagai aplikasi. Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diraih kalangan bisnis dalam kaitan ini, baik dalam konteks internal (meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi), dan eksternal (meningkatkan komunikasi data dan informasi antar berbagai perusahaan pemasok, pabrikan, distributor) dan lain sebagainya. Namun, terkait dengan semua perkembangan tersebut, yang juga harus menjadi perhatian adalah bagaimana hal-hal baru tersebut, misalnya dalam kepastian dan keabsahan transaksi, keamanan komunikasi data dan informasi, dan semua yang terkait dengan kegiatan bisnis, dapat terlindungi dengan baik karena adanya kepastian hukum. Mengapa diperlukan kepastian hukum yang lebih kondusif, meski boleh dikata sama sekali baru, karena perangkat hukum yang ada tidak cukup memadai untuk menaungi semua perubahan dan perkembangan yang ada.

Saran
Hal ini seharusnya sudah lebih berkembang,mengingat  perkembangan Telematika saat ini di Indonesia sendiri masih tertinggal jauh dibandingkan dengan Negara-negara lain. Di Indonesia sendiri masih perlu pengenalan lebih dalam lagi dari Telematika itu sendiri dan  telematika masih perlu disosialisasikan lebih intensif kepada semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Pemberdayaan manusianya, baik itu aparatur Negara ataupun non-pemerintah, harus terus ditumbuh kembangkan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://abraham281288.wordpress.com/2011/09/24/sekilas-tentang-telematika/
http://www.techradar.com/news/car-tech/telematics-what-you-need-to-know-1087104
http://ballo.wordpress.com/2012/11/26/aplikasi-telematika-dalam-kendaraan/
http://themakalah.blogspot.com/2009/05/makalah-hukum-telematika.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar